Sejarah Berdirinya MTs Al Imaroh

Berangkat dari rasa tanggungjawab dan terdorong oleh rasa keinginan untuk mengkaderisasi generasi muda melalui jalur pendidikan formal, khususnya Pendidikan Islam, maka pada tanggal 03Oktober 1989, tiga orang tokoh Islam masyarakat Bojong Koneng Telagamurni dan salah satu  tokoh masyarakat Warung Bambu yaitu :

  1. Bapak KH. M. Dahlan
  2. Bapak H.M. Zakaria ( Alm )
  3. Bapak H. Shodikin ( Alm )
  4. Bapak H. Abdur Rahim

yang bercirikan agama Islam yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Imaroh, menurut tokoh yang masih hidup dalam proses perjalanan pelaksanaan pembangunan yang dirintis oleh para tokoh tersebut di atas mengalami kendala,dari mulai biaya pembangunan infrastruktur, donatur, hingga perizinan membuka sekolah agama sehingga secara formal lembaga pendidikan tersebut baru mulai dibuka pada tahun 1984, menurut penuturan salah seorang badan pendiri Bapak KH. M. Dahlan bahwa penerimaan siswa baru untuk pertama kali dibuka yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) mendapat siswa 27 siswa/i sedangkan untuk Madrasah Tsanawiyah mendapat murid 80 siswa/i.

Kemudian pada tahun 1987 dibuka Madrasah Aliyah dan mendapat murid sebanyak 28 siswa/i. Setelah mengalami perjalanan yang cukup panjang, maka pada tahun 2000 dibuka unit SDIT dengan angkatan pertama mendapat murid sebanyak 18 siswa/i, kemudian pada tahun 2007, Yayasan Pendidikan Islam Al Imaroh ( Yaspia ) membuka unit baru yaitu tingkat SMPIT yang diprakarsai oleh salah seorang badan pendiri yaitu Bapak H.M. Zakaria dan salah seorang pengurus yayasan Bapak KH. D. Saefudin, AR. Menurut penuturan  sekretaris yayasan bahwa SMPIT dibuka sebagai sekolah unggulan yang memadukan antara pelajaran agama dengan pelajaran umum, dan  sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas di unit SMPIT pada setiap tahunnya hanya menerima  1 kelas saja.

Madrasah Tsanawiyah Al Imaroh adalah sekolah swasta yang dibina dan berada dibawah naungan Yayasan pendidikan Islam Al Imaroh ( Yaspia ), adapun sebagai Ketua Badan Pembina Yaspia yaitu Bapak H.  Kardjono Wirioprawiro. Ketua Umum Yaspia Bpk.K.H.Diding Saefudin.AR, Ketua I Yaspia Bpk.H.Drs.Solehun Kurniawan,M.Pd.I, Ketua II Bpk.Deden Junaedi,M.Couns dan Sekretaris Yaspia Bpk.Komarudin,S.Pd.I. Madrasah Ibtidaiyah Al Imaroh dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah yaitu Ibu Nina Kurniawati,S.Pd.I,MM. Dalam pelaksanaan kepemimpinannya Kepala Sekolah dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan satu orang Tata Usaha pada bidang Administrasi Sekolah, satu orang Tata Usaha bidang Perpustakaan dan satu orang Tehnisi yang menangani Lab. Bahasa dan Lab. Komputer. Sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan, maka Kepala Sekolah mengangkat beberapa orang yang menangani Ekstra Kurikuler di Sekolah, mengangkat para Wali Kelas pada bidang pengelolaan kelas dan para Guru Bidang Studi dalam pelaksanaan pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *